Aspek Pemasaran Dalam Berwirausaha


 
TEKNIK DAN STRATEGI PEMASARAN

Pemasaran adalah kegiatan meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen (probe), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen (product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya agar produk dikenal kosumen (promotion), mendistribusikan produk ketempat konsumen (place).Tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.

Prinsip dasar pemasaran yaitu menciptakan nilai bagi langganan (costum va/ue), keunggulan bersaing (competitive advantages) dan focus pemasaran (focus).


Fungsi Pemasaran

1. Pengenalan Produk

Pengenalan menjadi fungsi utama dari sebuah pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya pemasaran, produk akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan. Pemasar harus menonjolkan keunggulan dari produk yang di pasarkan. Sehingga bisa lebih menarik perhatian dibanding produk pesaing.

2. Riset

Riset memungkinkan pemasaruntuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai pasar target sebuah produk. Beberapa hal yang biasanya harus diriset adalah kepopuleran, usia, jenis kelamin kebutuhan hingga keinginan dan lain sebagainya. Nantinya produk yang diproduksi bisa disesuaikan dengan apa yang sesuai dengan target pasarnya.

3. Distribusi

Dengan distribusi yang baik, akan memastikan bahwa produk dapat mudah dipindahkan dari lokasi produksi ke pasar luas menggunakan jalur darat, air dan laut. Selain itu juga memastikan bahwa produk dapat dengan mudah didapatkan oleh pelanggan. Sebagai pemasar juga harus merencanakan segala sesuatunya seperti armada, keuangan dalam proses distribusi.

4. Layanan Purnajual

Dalam sebuah penjualan, layanan setelah penjualan memang sangat dibutuhkan. Pemasar harus membantu pelanggan setelah mereka membeli produk. Misalnya seperti produk mesin, pelanggan mungkin akan merasa kesulitan ketika menemukan masalah pada mesin yang telah mereka beli. Tugas pemasar, memastikan dan membantu agar mesin itu berjalan dengan semestinya.

Kreativitas pemasaran produk sangat dibutuhkan hari ini. Sebab, semakin kreatif dan bervariasi metode pemasaran yang Anda lakukan, maka kemungkinan akan menarik banyak konsumen. Untuk memulai sebuah usaha, Anda harus mengetahui apa yang diharapkan konsumen Anda. Dengan demikian, promosi dapat dibuat dengan lebih efektif. Untuk itu Anda perlu mengetahui jenis-jenis pemasaran produk berikut ini:

1. Earned Media
Berbeda halnya dengan iklan berbayar, strategi ini lebih memiliki kecenderungan untuk membangun image yang baik di kalangan masyarakat luas. Promosikan produk Anda pada platform media sosial, website maupun platform lain seperti forum. Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan kepada pembeli Anda untuk menyampaikan kepuasan yang diperoleh dari penggunaan produk, bisa melalui share atau komentar.

2. Direct Selling

Direct selling merupakan strategi pemasaran yang mungkin bisa membuat pemasar sangat kelelahan. Namun, hingga saat ini strategi tersebut masih ampuh bagi Anda yang tidak memiliki budget besar untuk pemasaran produk. Pemasaran direct selling biasanya dilakukan dengan mengunjungi konsumen ke tempat tinggal mereka, lalu melakukan penawaran produk. Melalui komunikasi yang baik dan persuasif, serta dapat menyampaikan pengetahuan produk yang mumpuni, maka Anda dapat dengan mudah menarik konsumen.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertiannya adalah ketika tenaga penjualan individu menjangkau konsumen secara langsung, sedangkan pemasaran langsung adalah ketika perusahaan memasarkan langsung ke konsumen.Sistem ini sering menghilangkan beberapa perantara yang terlibat dalam distribusi produk, seperti pusat distribusi regional dan grosir. Sebaliknya, produk beralih dari produsen ke perusahaan direct selling, ke distributor atau perwakilan, dan kemudian ke konsumen.Produk yang dijual melalui direct selling biasanya tidak ditemukan di lokasi ritel tertentu, yang berarti menemukan distributor atau perwakilan adalah satu-satunya metode untuk membeli produk atau layanan. Banyak bisnis B2B menggunakan direct selling untuk menargetkan dan menjual kepada pelanggan akhir mereka. Misalnya, banyak perusahaan yang menjual iklan atau perlengkapan kantor akan mengirim perwakilan mereka langsung ke toko-toko yang dapat menggunakan layanan mereka.
Bentuk-bentuk pemasaran langsung
Ada banyak bentuk-bentuk pemasaran langsung yang dapat Ada terapkan untuk bisnis Anda.
Direct Mail
Direct Mail adalah email yang dikirimkan untuk mengiklankan bisnis Anda beserta produk dan layanannya. Ada beberapa contoh pemasaran langsung direct mail misalnya brosur katalog, postcards, free trial deals, flyers, penawaran credit card, dan kupon. Kampanye direct mail biasanya dikirim ke semua pelanggan di suatu wilayah atau ke semua pelanggan dalam daftar pemasaran. 
Tips: 
  • Milis yang andal, akurat, dan iklan yang berkualitas akan meningkatkan tingkat respons terhadap direct mail Anda
  • Jika memungkinkan, libatkan seorang desainer dan copywriter dan berikan penjelasan singkat kepada mereka untuk merancang materi direct mail Anda

  • Promosi secara intensif seperti diskon dan penawaran
  • Follow-up direct mail kedua atau taktik pemasaran langsung lainnya jika anggaran Anda memungkinkan.

Telemarketing
Telemarketing melibatkan Anda untuk menghubungi calon pelanggan melalui telepon untuk menjual produk atau layanannya. 
hal ini mampu menghasilkan prospek pelanggan baru dalam volume besar dan juga merupakan alat yang berguna untuk menindaklanjuti kampanye pemasaran langsung. Namun, telemarketing yang sukses melibatkan perencanaan dan penggunaan data pelanggan yang akurat dan diteliti dengan baik untuk mencocokkan profil pelanggan dengan profil produk. 
Contoh pemasaran online ini adalah cold-calling, warm-calling, follow-ups, fundraising calls, dan market research.
Tips:
  • Kampanye telemarketing yang ditargetkan dapat mencapai hasil yang baik. Rencanakan kampanye telemarketing yang memungkinkan Anda untuk:
    • melakukan kontak dengan orang-orang yang sudah mengarah atau yang cocok dengan profil pelanggan Anda
    • melakukan kontak untuk tujuan memperkenalkan diri Anda dan membangun database akurat dari pelanggan yang relevan
    • tetap berhubungan dengan pelanggan yang sudah ada atau yang sudah lewat
    • mengatur janji temu atau memberikan informasi
  • Follow up dengan kampanye direct mail.

Email Marketing
Email marketing adalah cara sederhana, hemat biaya, dan terukur untuk menjangkau pelanggan Anda. 
Contoh pemasaran langsung ini dapat mencakup newsletter, email promosi untuk menghasilkan prospek atau penawaran baru bagi pelanggan yang sudah ada, atau iklan yang dapat muncul dalam email bisnis lain.
Tips:
  • Fokus pada prospek yang tertarik dengan produk atau layanan Anda. Targetkan kontak atau kelompok pelanggan potensial yang akan memiliki kebutuhan langsung untuk produk Anda.
  • Menyimpan database untuk membantu Anda mencatat informasi tentang pelanggan potensial dan yang ada. 
  • Buat newsletter untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan prospek Anda. 
  • Buat iklan menarik dan tidak bertele-tele. Pembaca email memindai kata-kata dan gambar dan memutuskan dengan cepat apakah mereka tertarik dengan apa yang Anda katakan.
  • Lacak tingkat respons pelanggan Anda. Simpan catatan pada respons yang Anda terima dari penerima email untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.


Pemasaran teks (SMS)
Bentuk pemasaran langsung ini memungkinkan perusahaan untuk menjangkau pelanggan individu dan mengirim pesan ke sekelompok besar orang dengan biaya rendah. 
Contoh pemasaran langsung dari short message service (SMS) untuk mengirim peringatan penjualan pelanggan, tautan ke pembaruan situs web, pengingat janji atau pengiriman, atau pesan pribadi yang dikustomisasi seperti ucapan ulang tahun.
Tips:
  • Tetap singkat. Penerima Anda cenderung membaca pesan teks Anda secara singkat.
  • Hormati ruang pribadi pelanggan Anda. Ponsel adalah perangkat pribadi, dan pengguna ponsel cenderung melihat pesan teks sebagai sarana komunikasi informal.
  • Punya alasan yang bagus untuk pesan teks Anda. Pengguna ponsel menggunakan pesan teks untuk menyampaikan pesan pribadi atau untuk menerima manfaat nyata dan praktis. 


3. Digital Marketing
Digital marketing saat ini telah menjadi strategi yang paling ramai digunakan untuk pemasaran produk. Ciri khas digital marketing adalah Anda tidak perlu terikat waktu dan tempat untuk menjalankannya. Pemanfaatan media online sebagai wadah pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial, website maupun email marketing. Membuat konten yang asal jadi bisa memicu pembeli berpaling dari produk Anda. Karena peran konten dalam pemasaran produk adalah aset yang menjadi hak kekayaan intelektual selamanya.
Sebagian besar digital marketing bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan, seperti :
  1. meningkatkan pangsa pasar;
  2. meningkatkan jumlah komentar padasebuah blog atau website;
  3. meningkatkan pendapatan penjualan;
  4. mengurangi biaya, misalnyabiaya distribusi atau promosi;
  5. mencapai tujuanmerek, seperti meningkatkan kesadaran merek;
  6. meningkatkan ukuran database;
  7. mencapai tujuan Customer Relationship Management, sepertimeningkatkan kepuasan pelanggan, frekuensi pembelian, atau tingkat referensi pelanggan;
  8. memperbaiki manajemen rantai suplai, seperti dengan meningkatkan koordinasi anggota, menambahkan mitra, atau mengoptimalkan tingkat persediaan.
 jenis-Jenis Digital Marketing:
Secara umum dikenal ada dua jenis digital marketing, yaitu:

  • Push digital marketing
Jenis digital marketing yang satu ini mengacu pada berbagai upaya mempromosikan produk atau jasa tanpa persetujuan awal dari calon konsumen.

Beberapa strategi marketing yang masuk dalam kategori ini adalah pembuatan blog, website, beriklan di berbagai website, pengiriman email promosi ke email konsumen dan juga pengiriman SMS berisi promosi produk ke nomor ponsel orang-orang.

Kelebihan dari digital marketing ini adalah menyediakan data yang lebih lengkap, mampu mentarget calon konsumen yang sesuai, bisa berlangsung secara konsisten dan juga bisa mengirim konten promosi tepat waktu.

Kekurangannya sendiri meliputi biaya yang cukup tinggi, target calon konsumen yang tidak terlalu besar serta ada kemungkinan untuk sulit ditemukan.

  • Pull digital marketing
Tidak seperti jenis push digital marketing dimana calon konsumen berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon konsumen dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Para konsumen mencari informasi ini melalui website atau blog yang menyediakan informasi yang mereka cari. Aktivitas SEO atau Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memaksimalisas penggunaan mesin pencari merupakan hal yang erat kaitannya dengan jenis marketing yang satu ini.

SEO memungkinkan website atau blog dari sebuah produk berada pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, yang akan memperbesar kemungkinan untuk dikunjungi. Dengan menggunakan tekhnik SEO, para marketer akan bisa menjawab kebutuhan para konsumen dalam mencari apa yang mereka butuhkan di internet, dan secara tidak langsung menyukseskan strategi pull digital marketing.

Kelebihan dari jenis digital marketing ini adalah ukuran konten yang tidak terbatas serta fleksibilitas dalam menyimpan dan menampilkan konten.Kekurangannya sendiri meliputi tingkat kesulitan yang cukup besar agar para konsumen bisa menemukan konten yang sudah dibuat serta adanya kemungkinan blocking bila konten yang ada tercampur baur.

Manfaat Digital Marketing
Adapun manfaat digital marketing diantaranya yaitu:
  • Pemasaran Digital menghubungkan kalian dengan konsumen di Internet.
  • Pemasaran Digital menghasilkan penjualan yang tinggi.
  • Pemasaran Digital membuat kalian lebih hemat.
  • pemasaran Digital mengaktifkan layanan pelanggan real-time.
  • Pemasangan Digital menghubungkan kalian dengan konsumen yang menggunakan perangkat Mobile.
  • Pemasaran Digital membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
  • Pemasaran Digital memberikan Roi yang lebih tinggi dari kampanye kalian.
  • Pemasaran Digital menjaga posisi kalian terhadap pesaing.
  • Pemasaran Digital membantu kalian bersaing dengan perusahaan besar.
  • Pemasaran Digital mempersiapkan kalian untuk era internet of things.


4. Point of Purchase
Keragu-raguan dan kebimbangan untuk membeli suatu produk pasti sering muncul dalam diri pembeli. Pada saat itu, Anda bisa memanfaatkan peluang untuk memberikan solusi atas keragu-raguan mereka agar lebih yakin untuk membeli produk Anda. Menjalin komunikasi yang baik bisa Anda jadikan cara yang ampuh untuk membangun kepercayaan pembeli.
Tujuan utama dari POP marketing adalah untuk membuat pelanggan secara langsung melakukan pembelian dengan dorongan hati. Pengecer sering kali mencari peluang terbaik untuk memamerkan barang dagangan yang mungkin merupakan kebutuhan atau item gratis untuk sesuatu yang telah Anda beli.
Penggunaan POP sangat penting untuk digunakan bersamaan dengan strategi promosi Anda di beragam media massa. Promosi mengingatkan calon customer akan merek atau brand Anda,  sedangkan POP bekerja dengan mengikuti kebiasaan customer yang cenderung membeli produk berdasarkan dorongan impulsif atau perasaan.
Customer di masa sekarang memiliki semakin banyak pilihan brand. Dengan display POP yang menarik, maka produk Anda dapat menarik perhatian customer lebih cepat, sehingga memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dipilih oleh customer.


kurang lebih nya mohon maaf bila ada kesalahan dan pengetikan terimakasih

Tony afriyanto (20180801323)

Komentar

Postingan Populer